welcome to teknik laboratorium blog dan terima kasih^^

Kamis, 13 September 2012

Kumpulan Alat- alat Laboraturium


Kumpulan Alat - alat Laboraturium

 Sebelum kalian terjun praktikum kimia, baik nya terlebih dahulu kita mengenal alat - alat laboraturium. Karena ada beraneka ragam alat - alat lab.kimia terlebih dahulu kita mengenal sebagian peralatan gelas / porselin. Mariii kita lihat bersama - sama.... semoga bermanfaat ... :)



1. erlenmeyer
berupa gelas yang diameternya semakin ke atas semakin kecil dengan skala sepanjang dindingnya. Ukurannya mulai dari 10 mL sampai 2 L.

fungsi :


 

- Untuk menyimpan dan memanaskan larutan
- Menampung filtrat hasil penyaringan
- Menampung titran (larutan yang dititrasi) pada proses titrasi



                                         
 2. gelas kimia ( beaker glass)
 Berupa gelas tinggi, berdiameter besar dengan skala sepanjang dindingnya. Terbuat dari kaca borosilikat yang tahan terhadap panas hingga suhu 200 oC atau terbuat dari plastik. Gelas kimia yang digunakan untuk bahan kimia yang bersifat korosif terbuat dari PTPE. Ukuran alat ini ada yang 50 mL, 100 mL dan 2 L.                                                                                                    Fungsi :
- Untuk mengukur volume larutan yang tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi.
- tempat unuk menyimpan dan membuat larutan, beaker glass memiliki ukuran takaran namun jarang bahkan tidak di perbolehkan untukmengukur suatu zat cair.


3. pipet tetes 
pipet tetes memiliki 2 ukuran : ada yang kecil dan ada pula yang panjang. Terbuat dari kaca diman ujung bawah nya meruncing dan pada bagian atas di tutpi oleh karet sebagai pencetan untuk mengambil larutan atau mengeluarkan larutan.

 Fungsi : 
- Untuk mengambl larutan dalam jumlah kecil.




4. Gelas Ukur 

Penggunaan gelas ukur di sesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Bentuk gelas ukur bermacam - macam ada yang besar ada juga yang keci. 

Fungsi gelas ukur adalah :

 menghitung larutan kimia yang tinggi dalam jumlah tertentu. selain untuk mengukur volume zat kimia dalam bentuk cair. Alat ini juga mempunyai skala, tersedia bermacam-macam ukuran.dimulai dari 10 mL sampai 2 L. Tidak boleh digunakan untuk mengukur larutan/pelarut dalam kondisi panas. Perhatikan meniscus pada saat pembacaan skala.



5. Labu Ukur

 Labu Ukur atau Volumetrik flask adalah sebuah alat laboratorium yang berbentuk bulat di bagian bawah dengan leher yang panjang. Bentuknya mirip buah labu yang bertangkai panjang.  Labu ukur umumnya memiliki kapasitas antara 5 mL sampai 5 L. Dalam rangka melakukan kerja rutin di laboratorium, terkadang sebuah bahan yang akan dianalisa terlalu pekat dan perlu diencerkan terlebih dahulu. Dan untk itu diperlukan wadah seperti labu ukur yang dapat membantu kita melakukan pengenceran bahan tanpa perlu bersusah payah mencari wadah yang tepat lengkap dengan skala ukurannya.


Fungsi utama labu ukur adalah :

untuk mengencerkan suatu bahan. Banyak bahan kimia laboratorium dibeli dalam bentuk larutan yang pekat karena inilah cara pembelian yang paling ekonomis. Tetapi biasanya bahan kimia ini terlalu pekat untuk langsung digunakan, dan karenanya harus diencerkan. Proses pengenceran melibatkan pencampuran suatu larutan pekat dengan pelarut tambahan untuk memberikan volume akhir yang lebih besar. Selama proses ini, banyak mol yang dalam larutan tetap, dan hanya volumenya yang bertambah.


6. Corong Pemisah

Corong pemisah atau corong pisah adalah peralatan laboratorium yang digunakan dalam ekstraksi cair-cair untuk memisahkan komponen-komponen dalam suatu campuran antara dua fase pelarut dengan densitas berbeda yang takcampur.

Corong pemisah berbentuk kerucut yang ditutupi setengah bola. Ia mempunyai penyumbat di atasnya dan keran di bawahnya. Corong pemisah yang digunakan dalam laboratorium terbuat dari kaca borosilikat dan kerannya terbuat dari kaca ataupun Teflon. Ukuran corong pemisah bervariasi antara 50 mL sampai 3 L. Dalam skala industri, corong pemisah bisa berukuran sangat besar dan dipasang sentrifuge.
Fungsi :
-Untuk memisahkan dua larutan yang tidak bercampur karena adanya perbedaan massa jenis. Corong pisah biasa digunakan pada proses ekstraksi.






7. Corong Bucher
Corong Büchner adalah sebuah peralatan laboratorium yang digunakan dalam penyaringan vakum.[1] Ia biasanya terbuat dari porselen, namun kadangkala ada juga yang terbuat dari kaca dan plastik. Di bagian atasnya terdapat sebuah silinder dengan dasar yang berpori-pori. Corong Hirsch juga memiliki struktur dan kegunaan yang sama, namun ia lebih kecil dan biasanya terbuat dari kaca.

Bahan penyaring (biasanya kertas saring) diletakkan di atas corong tersebut dan dibasahi dengan pelarut untuk mencegah kebocoran pada awal penyaringan.Cairan yang akan disaring ditumpahkan ke dalam corong dan dihisap ke dalam labu dari dasar corong yang berpori dengan pompa vakum.
Fungsi :
- Menyaring larutan dengan dengan bantuan pompa vakum.


8. Krus
 adalah bahan yang terbuat dari porselen atau logam inert. 
Berfungsi sebagai wadah bahan kimia pada saat pemanasan pada suhu sangat tinggi.






9. Cawan Petri 
Cawan Petri atau telepa Petri adalah sebuah wadah yang bentuknya bundar dan terbuat dari plastik atau kaca yang digunakan untuk membiakkan sel. Cawan Petri selalu berpasangan, yang ukurannya agak kecil sebagai wadah dan yang lebih besar merupakan tutupnya. Cawan Petri dinamai menurut nama penemunya pada tahun 1877, yaitu Julius Richard Petri (18521921), ahli bakteri berkebangsaan Jerman.
Fungsi :
- sebagai wadah untuk penyelidikan tropi
- untuk mengkultur bakterikhamirspora, atau biji-bijian. Cawan Petri plastik dapat dimusnahkan setelah sekali pakai untuk kultur bakteri.

10. Botol Pengukur
Gelas ukur dapat terbuat dari gelas (polipropilen) ataupun plastik.
Fungsi :
- untuk mengukur volume 10 hingga 2000 mL. 
 -untuk mengukur volume segala benda, baik benda cair maupun benda padat pada berbagai ukuran volume.


  11. Botol Ukur
  Botol ukur yang terbuat dari bahan kaca yang sangat rentan dengan pecah menilikm ukuran yang berbeda - beda.
  Fungsi :
- menyimpan bahan yang akan ditimbang terutama untuk bahan cair dan pasta serta menyimpan sampel yang akan dianalisa kadar air.



12. Gelas Kimia Plastik
     Gelas kimia plastik terbuat dari bahan plastik . 
fungsi : untuk mengukur larutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar